ETIKA BISNIS INTERNASIONAL
Apenso.id – Etika bisnis internasional itu sangat erat dengan moral. Etika bisnis internasional memiliki norma-norma:
1. Menyesuaikan diri. Artinya, hadirnya perdagangan harus menyesuaikan norma-budaya masyarakat setempat sebagai pasar.
2. Rigorisma moral. Artinya, tidak pengkuh dengan etika sendiri. Tidak pengkuh dengan norma hukum, budaya di negerinya sendiri.
3. Imoralisme naif. Artinya, jangan memperdagangkan produk atau barang yang mencelakakan orang lain, sosial, dan lingkungan. Termasuk tidak boleh memperdagangkan orang, perbudakan, dan semacamnya.
4. Tidak rasis. Artinya, tidak perlu pilih-pilih atau membedakan suku, agama, ras, dan adat-istiadat. Karena itu berbeda dan sudah beda tak perlu dicari perbedaannya. Yang penting produk atau barang yg diperdagangkan laku terjual.
Itulah. Semoga kita selalu ber-etika dalam bisnis dan kehidupan serta sehat lahir batin… Aamiin YRA.***
(GeSa)