Inovasi Pelayanan Publik di pemerintahan Kabupaten Gresik

Apenso.id // Pemerintah Kabupaten Gresik telah menandatangani komitmen untuk meningkatkan pelayanan publik dengan memanfaatkan inovasi teknologi. Salah satu inovasi yang diterapkan adalah Aplikasi SuKMa-e Jatim  Dengan aplikasi ini, seluruh unit pelayanan publik di Kabupaten Gresik dapat dinilai oleh masyarakat.

Selain itu, Pemkab Gresik juga menghadirkan program Kartu Keluargaku Datang (Kakekku Datang) untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi di masyarakat, seperti adanya data ganda, data anomali, masih rendahnya capaian Akta Kelahiran terutama anak usia 0 sampai 18 tahun, dan masih minimnya kesadaran masyarakat untuk melakukan.

Pada tahun 2022, Kabupaten Gresik berhasil masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Gresik perlu terus melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap inovasi yang telah diterapkan.

Selain itu, perlu juga dilakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat tentang inovasi yang telah diterapkan dan bagaimana cara mengaksesnya. Dengan demikian, diharapkan pelayanan publik di Kabupaten Gresik dapat semakin meningkat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan investor.

Selain itu, keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik juga memberi kemudahan bagi investor Namun, meskipun telah banyak inovasi yang diterapkan, masih terdapat beberapa permasalahan dalam pelayanan publik di Kabupaten Gresik.

Beberapa di antaranya adalah kurangnya sosialisasi terhadap inovasi yang telah diterapkan, kurangnya keterlibatan masyarakat dalam memberikan masukan dan saran terhadap pelayanan publik, serta masih adanya praktik pungutan liar di beberapa instansi pemerintah.

serta masih adanya praktik pungutan liar di beberapa instansi pemerintah.

Ditulis Oleh : Lefan Afitra Ferdiansah
NIM : 222020100197
Mahasiswa Prodi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)