Masalah Pelayanan Publik Di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik
APENSO.ID // Indonesia merupakan negara dengan lembaga negaranya yang diberi kekuasaan dalam mengatur kehidupan menjadi lebih baik. Di Indonesia terdapat SANRI, (Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia) yang berperan penting mengelola kehidupan dengan melibatkan seluruh aparatur negara dengan berlandaskan UUD 1945 guna melancarkan seluruh kegiatan dalam pelaksanaan tugasnya.
Administrasi publik di Indonesia sudah memiliki konsep dari reformasi hingga masa kini. Sebagai sebuah sistem, administrasi publik memiliki banyak agenda yang sifatnya untuk melayani negara atau lembaga lain pada area publik.

Namun, masih terdapat kekurangan-kekurangan dari penerapan sistem administrasi publik di Indonesia. Hal inilah yang seharusnya diperbaiki dengan cepat dan tanggap agar selalu memberikan layanan prima pada publik.
Dikarenakan masih terdapat kelemahan dalam penerapannya, berikut beberapa kelemahan serta cara yang dalam dilakukan untuk meminimalisir kelemahan tersebut.

- Rendahnya Respon Cepat
Seringkali pelayan administrasi publik lalai dalam memberikan respon, melihat hal ini dibutuhkan sekali training bagi pelayan guna membentuk karakteristik pelayan yang dapat berkerja dengan cepat.
- Kurangnya Pengetahuan
Masih dapat ditemui, beberapa pelayan yang belum bisa memberikan informasi karena rendahnya pengetahuan terkait administrasi publik. Ada baiknya sebelum ditugaskan, diberikan pembekalan ilmu agar bisa menjadi pelayan yang informatif. - Seringkali Mengabaikan
Sudah seharusnya seorang pelayan memiliki etika yang baik dalam bekerja, terlebih yang bekerja dalam ruang lingkup publik. Ada baiknya seorang pelayan harus lebih peduli dengan aspirasi serta keluhan masyarakat, karena para pelayan ini akan menjadi orang-orang yang menyalurkan pesan masyarakat untuk menunjang kehidupan yang jauh lebih baik lagi.
Sebagai negara yang memiliki sistem administrasi publik, sudah seharusnya seluruh pelayan yang bertugas harus memiliki etika agar dalam melaksanakan tugasnya dapat berjalan dengan lancar dan memajukan kesejahteraan publik.

Penulis : Saniyyah Aabidah Febriani
Nim : 222020100143
Mahasiswa Fakultas FBHIS
(Administrasi Publik)
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo