Meninjau Kualitas Pelayanan Publik di Salah Satu Kantor Pemerintahan Sidoarjo

Apenso id // Memberikan pelayanan pubik yang baik dan berkualitas merupakan bagian penting bagi pemerintahan dan administrasi publik, baik di pusat maupun daerah.

Bahkan, bagaimana pemerintah dalam memberikan pelayanan pubik menjadi cermin dari Good Governance. Pemerintah sebagai penyedia layanan bertanggungjawab dan terus berupaya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Rendahnya kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah di Indonesia menjadikan suatu citra buruk bagi pemerintah di tengah masyarakat. Ada sebagian masyarakat yang menganggap rendah terhadap birokrasi.

Rasa puas masyarakat dalam pelayanan dapat terpenuhi jika apa yang diberikan oleh petugas atau pegawai pelayanan sudah sesuai dengan apa yang masyarakat harapkan selama ini.

Dimana dalam pelayanan tersebut terdapat tiga unsur pokok yaitu biaya yang relative murah, waktu pengerjaan relative cepat dan kualitas pelayanan yang diberikan relative bagus.

Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Juliana Kasih, mengatakan bahwa pengurusan administrasi di salah satu kantor pemerintahan di Sidoarjo.

Pegawai atau petugas pelayanan kinerjanya masih kurang efektif dan efisien. Hal ini dapat dilihat dari pelayanan yang diberikan kurang efektif dari segi waktu, jam kedatangan pegawai atau petugas yang tidak tepat waktu dan ketidakpastian penyelesaian pekerjaan juga kualitas pelayanan yang diberikan.

Hal ini dapat berdampak dari minimnya kinerga pegawai atau petugas yang bisa berimbas pada kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Dapat dilihat dari penjelasan diatas mengenai kualitas pelayanan publik yang ada di salah satu kantor pemerintahan di Sidoarjo, maka pelayanan administrasi kependudukan dalam meningkatkan kepuasan masyarakat perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi.

Tidak hanya memberi opini, mahasiswa tersebut juga memberi beberapa saran.

Saran yang pertama yaitu pegawai atau petugas lebih meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan dalam melakukan pengurusan administrasi yang diberikan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kepuasan masyarakat.

.Yang kedua, beberapa kantor yang merasa kinerja pegawai atau petugas masih belum efektif perlu memberikan pelatihan kepada pegawai atau petugas pelayanan publik yang belum mampu mengoperasionalkan pengajuan melalui online yang tersedia dalam proses pelayanan.

Dan yang terakhir, diharapakan agar setiap sistem penyelesaian dalam pengurusan administrasi bisa diperbiki lagi, karena lamanya dalam proses pengerjaan dapat menurunkan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat.

Di Tulis Oleh : Juliana Kasih
Nim : 222020100192
Mahasiswa Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial {Administrasi Publik}
Universitas Muhamadiyah Sidoarjo